Daftar 36 Pertanyaan yang bisa Membuatmu Jatuh Cinta dengan Siapa Saja!

sumber foto: goodmenproject.com

Dalam artikel sebelumnya, saya telah membahas bagaimana 36 pertanyaan mampu membuat sukarelawan dari penelitian yang dilakukan oleh psikolog dari Stony Brook University profesor Arthur Aron, jatuh cinta dan menikah 6 bulan setelah penelitian tersebut. Penelitian ini juga sudah dibuktikan oleh seorang penulis dari Amerika Serikat Mandy Len Catron dan berhasil! Prosedurnya sederhana: masing-masing sukarelawan menjawab dengan jujur 36 pertanyaan yang diajukan oleh lawan bicaranya secara bergantian dan diakhiri dengan saling menatap satu sama lain selama empat menit.

Penasaran dengan kisah dan pemikiran Mandy Len Catron yang berhasil mendapatkan cintanya melalui 36 pertanyaan di bawah? Baca disini.

Di bawah adalah daftar 36 pertanyaan yang dibagi menjadi 3 set.

Note: pertanyaan di bawah telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa yang lebih kasual agar lebih mudah untuk ditanyakan.

Set I

1. Kalau kamu boleh memilih siapapun di dunia ini untuk diajak makan malem bareng, kamu pengen makan malem dengan siapa?

2. Apakah kamu pengen terkenal? Terkenal karena apa?

3. Sebelum telepon seseorang, apakah kamu pernah coba pratekkin dulu apa yang ingin kamu ngomong gak? Kenapa?

4. Hari yang sempurna menurut kamu, itu kayak apa sih?

5. Kapan terakhir kali kamu nyanyi pas lagi sendirian? Atau untuk orang lain?

6. Jika kamu bisa hidup hingga umur 90 tahun dan boleh memilih antara pikiran atau badan berusia 30 tahun yang bisa bertahan selama 60 tahun ke depan hingga usia kamu 90 tahun, mana yang kamu pilih?

7. Apakah kamu punya firasat bagaimana kamu akan meninggal?

8. Coba sebutkan tiga hal kecocokan kamu dan pasangan kamu.

9. Apa yang membuat kamu paling bersyukur dalam hidup ini?

10. Jika kamu bisa mengubah bagaimana kamu dibesarkan, apa yang ingin kamu ubah?

11. Coba ceritakan kisah hidupmu dalam 4 menit secara detail.

12. Jika kamu bisa mendapatkan kemampuan apapun besok ketika kamu bangun, apa yang kamu inginkan?

Set II

13. Jika bola kristal bisa menceritakan kebenaran tentang diri kamu, hidup kamu, masa depan atau apa saja, apa yang ingin kamu tahu?

14. Apakah ada sesuatu yang pengen banget kamu lakuin tapi belum terwujud? Kenapa belum kamu lakuin?

15. Apa pencapaian terbesar dalam hidup kamu?

16. Apa yang menurut kamu paling berharga dalam sebuah persahabatan?

17. Apa kenangan kamu yang paling berharga?

18. Apa kenangan kamu yang paling menakutkan?

19. Jika kamu tahu kalau satu tahun dari sekarang kamu akan meninggal, apakah ada yang ingin kamu ubah dari gaya hidup kamu sekarang? Kenapa?

20. Apa makna persahabatan buat kamu?

21. Apa peran cinta dan kasih sayang dalam hidup kamu?

22. Coba sebutkan 5 karakter positif dari pasangan kamu.

23. Seberapa dekat kamu dan keluarga kamu? Apakah kamu merasa masa kecil kamu lebih bahagia dari orang lain?

24. Bagaimana hubungan antara kamu dengan mama kamu?

Set III

25. Coba buat tiga pernyataan jujur dengan menggunakan kata ‘kita’ di awalnya. Sebagai contoh, “Kita berdua di ruangan ini merasakan..”

26. Coba lengkapi kalimat ini:”Saya berharap saya memiliki seseorang yang dapat saya bagikan …”

27. Jika kamu akan menjadi sahabat bagi pasangan kamu, apa yang penting untuk dia tahu?

28. Coba katakan apa yang kamu suka tentang pasangan kamu: jawab dengan jujur, katakan hal-hal yang kamu tidak mungkin katakan kepada orang yang baru kamu kenal.

29. Coba ceritakan momen memalukan dalam hidupmu.

30. Kapan terakhir kali kamu menangis di depan orang lain? Atau menangis sendirian?

31. Coba ceritakan apa yang kamu sukai dari pasangan kamu.

32. Apa yang menurut kamu tidak boleh untuk dijadikan bahan lelucon?

33. Jika kamu akan meninggal sore ini tanpa punya kesempatan untuk menghubungi siapapun, apa hal yang paling kamu sesali karena kamu tidak punya kesempatan untuk mengatakan hal tersebut? Dan, kenapa kamu tidak pernah mengatakan hal tersebut?

34. Coba bayangkan, rumah kamu beserta isinya kebakaran. Setelah kamu menyelamatkan orang yang kamu cintai dan peliharaan kamu, kamu punya satu kesempatan untuk menyelamatkan satu buah barang. Barang apakah itu, dan kenapa?

35. Dari semua orang di keluargamu yang meninggal, siapa yang membuatmu paling bersedih, dan kenapa?

36. Ceritakan sebuah masalah pribadi dan tanyakan pendapat dari pasangan kamu. Juga, tanyakan kembali ke pasangan kamu apa yang dia rasakan mengenai masalah yang kamu hadapi.

Selamat mencoba dan jatuh cinta!

Penelitian lengkap profesor Arthur Aron bisa dibaca disini.

Advertisements

6 thoughts on “Daftar 36 Pertanyaan yang bisa Membuatmu Jatuh Cinta dengan Siapa Saja!”

  1. Bookmark yah kak. Thanks for sharing. Gw nemu yg versi english tp belibet ngartiin nya hha. Untung sini pake bahasa indonesia. Akan sgra gw terapkan.! *cieee 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s